top of page
  • Writer's pictureFuad News

Liburan akhir pekan di Istana Pagaruyuang

Updated: Nov 28, 2019

Pergi jalan – jalan ke Batusangkar tidak afdhal jika belum berkunjung ke Istana Pagaruyuang,


istana ini merupakan istana tercantik yang ada di Sumatra Barat, yang oke banget buat berfoto- foto bersama keluarga ataupun bersama teman- teman.



Istana cantik di Batusangkar ini sering juga disebut istano basa. Istana ini sudah mengalami tiga kali pembangunan karena sudah tiga kali terbakar. Karna itulah yang ada pada saat ini hanyalah replika dari kerajaan aslinya.


“Istana ini memang pernah terbakar beberapa tahun lalu”, kata salah seorang pengunjung dari kota padang. Istana pagaruyung yang asli dulunya terletak di atas bukit Batu Patah. Tragisnya, Istana pagaruyung yang asli ini terbakar habis akibat terjadinya sebuah kerusuhan berdarah pada tahun 1804 pada zaman Belanda. Istana tersebut kemudian didirikan kembali namun kembali terbakar pada tahun 1966, akibat terkena sambaran petir.

Apabila ingin masuk kedalam Istana pagaruyung kita tidak diperbolehkan menggunakan alas kaki baik sandal ataupun sepatu. Dekorasi dalam istana pagaruyung sangatlah cantik karna banyaknya perpaduan warna yang menghiasi dinding- dinding dan berbagai untaian kain di atap dan sekeliling ruangan yang menghiasi Istana pagaruyung, yang sangat cocok untuk berfoto- foto.


Walaupun sebagian barang peninggalan sejarah sudah hangus terbakar saat terjadinya kebakaran kedua, namun tetap terdapat beberapa benda peninggalan sejarah yang masih ada sampai pada saat ini.


Di Istana Pagaruyung ini kita juga diperbolehkan menggunakan baju adat minangkabau, kita juga dapat berfoto dan berkeliling didalam maupun disekitaran Istana pagaruyung.

Harga tiket masuk Istana Pagaruyung ini sekitar Rp 15.000 an. Bagi pecinta fotografi kalian bisa bebas berfoto di segala sudut Istana Pagaruyung ini. Bahkan para staff penjaga museum juga dengan senang hati apabila kita ingin berfoto dan menceritakan tentang Istana Pagaruyung ini di social media kita. Jadi bagi kalian yang pergi jalan-jalan ke Batusangkar jangan lupa untuk mengunjungi Istana pagaruyung, karna ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi liburan anda. (Rahmat Azhari/ KPI Broadcast)

5 views0 comments
bottom of page