top of page
  • Writer's pictureFuad News

HMI Sukses Adakan Intermediate Training Tingkat Nasional Di Batusangkar


Sumber: Fanji Fajri

BATUSANGKAR – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Batusangkar sukses mengadakan kegiatan Intermediate Training atau Latihan Kader (LK) II tingkat Nasional untuk yang ketiga kalinya di Batusangkar. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melanjutkan training ke jenjang selanjutnya bagi para kader-kader yang ada di HMI. Pelaksanaan kegiatan dimulai dari tanggal 3-13 Maret 2021 dan bertempat di Islamic Center Pagaruyung. Kegiatan yang mengusung tema “Terbinanya Kader HMI yang Mempunyai Kemampuan Intelektual untuk Memetakan Peradaban dan Memformulasikan Gagasan dalam Lingkup Organisasi” melibatkan kepanitian mahasiswa IAIN Batusangkar. Beberapa diantaranya ada Muhammad Iqbal dan Al-Insaniyatur Rahma yang juga menjelaskan bahwa tema yang diambil menyesuaikan dengan pedoman pengkaderan yang ada di HMI.


“Kegiatan dimulai dengan Screening pada tanggal 3-6 Maret 2021 dan dilaksanakan di Sekretariat HMI cabang Batusangkar. Screening ini gunanya untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta terhadap wawasan ke-Indonesiaan keislaman maupun ke-HMIan. Untuk pembukaan kegiatan secara resmi dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2021 bertempat di Islamic Center Pagaruyung dan dilanjutkan dengan forum dan materi sampai tanggal 12 Maret 2021. besoknya, Alhamdulillah sudah terlaksana penutupan kegiatan secara resmi di Aula Kantor Bupati Tanah Datar. Dalam acara penutupan, tamu undangan yang berkesempatan hadir diantaranya KAHMI Tanah Datar, para senior HMI cabang Batusangkar, HMI Cabang Bukittinggi, HMI Cabang Pasaman Barat, Asisten Bupati, Kapolres Tanah Datar dan Pemerintah Datar yang mewakili”. Ujar muhammad Iqbal saat ditemui secara virtual, Minggu (13/3).


Sumber: Al-Insaniyatur Rahma

Selama acara forum dan materi di Islamic Center, kami isi dengan perkenalan antara tim pengelola atau tim master HMI serta perkenalan seluruh peserta yang tercangkup dalam lingkup nasional sebanyak 54 orang peserta. Selain cabang Batusangkar, peserta ada yang berasal dari luar Batusangkar seperti Medan, Jambi, Bogor, Jakarta, Bengkulu, Aceh dan beberapa daerah lainnya sekitar Sumatera dan Jawa. Forum ini sekaligus memebrikan materi esensial dan materi wajib bagi kader HMI yang pematerinya berasal dari HMI sendiri maupun pemateri umum. Selama kegiatan berlangsung, kader HMI juga berhasil menghasilkan sebuah karya berupa buku yang berjudul “Mozaik Wawasan Keislaman dan Keindonesiaan” yang isinya berupa hasil kolaborasi tim master dan para peserta yang mengikuti kegiatan ini “ sambung Rahma di lain kesempatan.


“Kendala selama kegiatan kemarin ada dibagian pendanaan dan manajemen waktu. Sebab kita kan mengangkat kegiatan tingkat nasional, jadi pasti membutuhkan dana yang lebih banyak dan juga susah mengatur waktu dari banyaknya peserta yang ikut. Tetapi, Alhamdulillah dari kami kepanitiaan bisa mengatasinya dengan saling bagi tugas dan juga saling koordinasi dengan tim kepanitiaan. Di tengah kendala yang kami hadapi dan juga kondisi saat ini yang masih pandemi, Alhamdulillah kegiatan Intermediate Training ini sukses dilaksanakan. Harapan saya untuk para peserta yang ikut Intermediate Training ini, semoga apa yang didapatkan didalam pentrainingan bisa bermanfaat dan bisa diimplementasinya di daerah asal mereka masing-masing. Untuk HMI cabang Batusangkar, harapan saya dengan adanya kegiatan ini semoga kita makin solid dan selalu tetap menjaga pengkaderan, karna pengkaderan adalah jantungnya organisasi”. Pungkas Fanji Fajri selaku Ketua Panitia, Minggu (13/3). (SA)

75 views0 comments
bottom of page