top of page
  • Writer's pictureFuad News

Taklukan Dunia dengan Al-Qur'an, HMJ IAT Selenggarakan Safari Ramadhan dan Mukhayyam Al-Qur'an

Updated: Apr 20, 2022


Sumber : Romi Maimori

Batusangkar - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Batusangkar selenggarakan Safari Ramadhan yang bertempat di Musholla Al-Hikmah Center, Jorong Buluh Kasok, Nagari Tabek, Pariangan. Safari Ramadhan HMJ IAT ini berlangsung selama dua hari yaitu pada hari Ahad dan Senin tanggal 17-18 April 2022. Rentetan kegiatan di hari pertama yaitu pembukaan yang setelah itu disambut oleh Mukhayyam Al-Qur'an untuk anak SD Tabek. Pada hari kedua dilanjutkan dengan lomba Tahfiz khusus anak SD yang ada di Tabek tersebut.

Mahasiswa IAT berkontribusi langsung untuk mengisi berbagai kegiatan, seperti menjadi imam taraweh, memberikan ceramah, menjadi imam sholat lima waktu dan dilanjutkan dengan tadarusan sampai pagi sebagai bentuk wujud cerminan diri bagaimana mahasiswa Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir itu sendiri dan bagaimana beraninya mahasiswa Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir merealisasikan keilmuan mereka sebagai orang yang belajar dalam gawaian keagamaan terutama Al-Qur'an dan Tafsir


Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Bapak Wali Nagari Tabek, Rispel Murni Nurdin, Pengurus Musholla Al-Hikmah Center, Romi Maimori S.Ag, M.Pd, Dosen Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir Yogi Imam Perdana, Lc., MA, Ketua Umum HMJ Selingkup FUAD, dan juga oleh Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, Hafizullah, S. Th. I., MA.


Sumber : HMJ IAT

Adapun Tema yang diangkat oleh HMJ IAT dalam melabelkan kegiatan ini yaitu "Kokohkan Hati dengan Iman, Taklukkan Dunia Dengan Alquran". Dalam hal ini Romi Maimori menyampaikan isi sambutannya untuk mengajak HMJ IAT sebagai sumbu dalam menduniakan Al-Qur'an di masyarakat, dan dengan adanya' Mukhayyam Al-Qur'an itu adalah langkah awal yang baik dalam mewujudkan visi tersebut. Romi juga menyampaikan, “jurusan IAT merupakan wadah paling tepat dalam menduniakan Al-Qur'an karna sesuai dengan basiknya dalam bidang Al-Qur'an serta hadist”. Hal itu sesuai dengan harapan ketua umum IAT, Renaldo Wahyudi ia mengatakan "Kami sebagai seorang pendakwah dalam bidang Al-Qur'an dan Tafsir akan mencoba berbagi ilmu yang telah kami gali di arena perkuliahan, dan dengan adanya lomba Tahfiz khusus anak SD di Nagari Tabek itu merupakan suatu strategi dalam mendekatkan generasi muda bangsa agar bisa akrab dengan Al-Qur'an”.


Wali nagari Tabek menyambut bahagia dan penuh semangat mahasiswa Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir dalam membuat kegiatan pengabdian dengan bentuk Safari Ramadhan ini. Ketua jurusan IAT dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara menuturkan "Kegiatan ini sesuai dengan misi jurusan IAT yang ketiga yaitu melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, semoga untuk tahun berikutnya mahasiwa IAT bisa melanjutkan kegiatan yang memberikan manfaat ini kepada masyarakat, terlebih lagi dalam mewujudkan dunia yang takluk akan Al-Qur'an". Terakhir, Kajur IAT juga berpesan agar mahasiwa bukan hanya sekedar identitas saja yang terpajang di lingkungan masyarakat, tetapi juga peka dan responsif dalam menjadi wadah untuk menduniakan Al-Qur'an. (BHR)


170 views0 comments
bottom of page