top of page
  • Writer's pictureFuad News

Pariwisata Syariah Lakukan Kerjasama dengan LSP Maestro Indonesia

Updated: Nov 15, 2021


Batusangkar—Jurusan Pariwisata Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar lakukan kerjasama dengan BNSP Maestro Indonesia, yang mana kerjasama ini bertujuan agar nanti setiap tahunnya dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa Jurusan Pariwisata Syariah mendapatkan sertifikasi dalam bidang pariwisata. Kerjasama ini digelar pada Selasa (06/10/2020) di Auditorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Kampus II.


Pepy Afrilian, S.ST., M. Par mengatakan bahwa setelah acara MOU yang dihadiri langsung oleh Bapak Rektor IAIN Batusangkar yakni Dr. Marjoni Imamora, M. Sc barulah mahasiswa melakukan uji kompetensi, untuk mengetahui seberapa kompeten mahasiswa dalam hal memandu. Kerjasama ini sangat menguntungkan pihak Jurusan Pariwisata Syariah karena sertifikat yang didapat adalah sertifikat pendamping ijazah yang diakui baik lingkup nasional maupun internasional. Yang nantinya ini juga akan membedakan mahasiswa Jurusan Pariwisata Syariah IAIN Batusangkar dengan SDM lainnya.

“Sebanyak 40 orang mahasiswa melakukan uji kompetensi ini, yang terlibat adalah seluruh mahasiswa Pariwisata Syariah terutama semester 5 dan 7, namun ada beberapa yang telat mendaftar. Uji kompetensi ini dilakukan melalui 3 tahap, yang pertama adalah test tulis yang dalam hal ini dilakukan dengan digital; yang kedua test wawancara, asesor memberikan pertanyaan kepada asesinya atau mahasiswa pariwisata itu sendiri; dan yang ketiga mahasiswa Pariwisata Syariah langsung memperagakan di atas bus kampus,” pungkasnya.

Selain itu, Pepy Afrilian, S.ST., M. Par juga mengungkapkan bahwa semuanya berjalan lancar dan baik berdasarkan protokol kesehatan. Keluh-kesah yang dialami dalam kegiatan ini salah satunya adalah terkendala jaringan, sebab kegiatan dilakukan secara daring. Namun meski demikian, semua masih bisa diatasi. Selanjutnya beliau menegaskan bahwa yang diperbolehkan ke kampus hanya orang yang nama-namanya tercatat.

Dari pihak Maestro Indonesia sendiri diwakili oleh Safroni Faliani beserta tim, kemudian dari pihak Jurusan Pariwisata Syariah ada Ketua Jurusan beserta Dosen Jurusan Pariwisata Syariah. Terlepas dari itu Wadek III FEBI juga turut hadir dalam kerjasama ini. (Hasya/Kiran/Dina)

22 views0 comments
bottom of page