top of page
  • Writer's pictureFuad News

Pembukaan PBAK 2020 Virtual IAIN Batusangkar Sukses Digelar



Batusangkar--Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar lakukan Pengenalan Budaya Akademik (PBAK) secara virtual/daring. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin di setiap tahunnya yang dilakukan secara berbeda dari tahun sebelumnya, yang mana biasanya digelar secara langsung atau tatap muka. Pembukaan PBAK dilaksanakan pada Kamis (17/9) di Auditorium IAIN Batusangkar Kampus II yang dihadiri Rektor beserta jajaran, Kepanitiaan PBAK 2020, dan beberapa mahasiswa IAIN Batusangkar.


Meski dilakukan secara virtual namun tak menurunkan semangat para calon mahasiswa maupun para panitia penyelenggara. Romi Maimori, S.Ag, M.Pd selaku Ketua Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Batusangakar mengatakan bahwa kegiatan PBAK berlangsung selama dua hari, Kamis-Jumat, 17-18 September 2020.


“Ini merupakan PBAK pertama yang dilakukan secara daring, mengingat pandemi Covid-19 masih menjadi ancaman. Biasanya setiap calon mahasiswa baru selalu melakukan PBAK secara langsung. Pembukaan kali ini melibatkan seluruh aktivis kampus, mulai dari Rektor, Wakil Rektor, seluruh Ketua Jurusan selingkup IAIN Batusangkar, hingga Wakil Bupati Tanah Datar ikut serta dalam pembukaan. Beberapa dari tamu undangan langsung hadir ke lokasi dan beberapa undangan yang tak sempat hadir tetap mengikuti pembukaan secara daring,” pungkasnya.



Dalam sambutannya, Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M. Sc. menyampaikan harapannya kepada seluruh Mahasiswa Baru IAIN Batusangkar bahwa walaupun kampus IAIN Batusangkar berada di pinggiran kota, tetapi kita tidak kampungan dan bercita-cita hingga bisa menuju ke kampus yang mendunia yang dikenal seluruh dunia.


Gilang Adimulya selaku Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam mengatakan, bahwa dalam schedule pukul 07.30 WIB seharusnya pembukaan sudah dimulai, namun karena panitia harus menyiapkan seluruh perlengkapan dan teknisi, hingga pembukaan akhirnya dapat dilakukan pada pukul 08.10 WIB. “Selain itu, beberapa mahasiswa baru sempat mengalami ganguan jaringan hingga harus mencari tempat dengan kualitas jaringan yang baik. Meski awalnya ada sedikit kendala, tetapi terlepas dari itu semua, semuanya dapat berjalan dengan baik dari awal sampai akhir,” imbuhnya.


Melva Silvira (18) salah seorang calon mahasiswa IAIN Batusangkar juga mengatakan bahwa prosedur pelaksanaan PBAK secara daring cukup mudah dipahami, sekaligus memberikan pelajaran yang berharga, meski kadang terkendala dengan jaringan. “Saya mewakili mahasiswa baru lainnya berharap semoga pandemi ini segera berakhir, hingga kita semua bisa melaksanakan PBAK maupun perkuliahan seperti biasa, baik dari mahasiswa maupun dosen, terlebih mahasiswa baru yang ingin mengenal bagaimana kuliah di kampus secara nyata,” tutur Melva ketika ditanyai perihal PBAK secara daring ini melalui Aplikasi WhatsApp. (Gilang/Kiran/Salman/Dina)

78 views0 comments
bottom of page